Notification

×

Iklan

Panwascam Pituruh Ramaikan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif di Area CFD

Sunday, 6 January 2019 | 20:39 WIB Last Updated 2019-01-06T13:39:40Z
Panwas Kecamatan Pituruh / Foto Bay
PURWOREJO-(pituruhnews.com) - Bawaslu Kabupaten Purworejo menggagas kegiatan long march dalam rangka sosialiasi pengawasan pemilu partisipatif bersamaan dengan kegiatan Car Free Day (CFD), Minggu (6/1) pagi. Acara CFD dipilih karena merupakan tempat berkumpulnya banyak orang sehingga sasaranya lebih luas. Aksi ini diikuti kurang lebih 250 orang yang berasal dari Panwascam se-Kabupaten Purworejo, anggota PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Kab. Purworejo, MAFINDO (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia), Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dam Politik) dan Bank Purworejo mengadakan sosialisasi pengawasan partisipatif untuk Pemilu 2019, Minggu (6/1) pagi.
 
Aksi dipusatkan di Kantor Kesbangpol jalan Mayjend Sutoyo, kawasan pelaksanaan car free day. Para peserta sebelumnya diapelkan di halaman kantor Kesbangpol. Selanjutnya, melakukan long marc sepanjang kawasan CFD, termasuk memutari alun-alun Purworejo. Aksi tersebut menyita perhatian ribuan warga yang melakukan aktifitas CFD.
 
Sepanjang rute long marc, peserta aksi membagikan poster dan stiker. Isinya mengajak masyarakat untuk ikut terlibat langsung dalam kegiatan pengawasan pemilu 2019.Setelah long march seluruh peserta dihibur dengan acara organ tunggal.
Sosialisasi Pengawasan Partisipatif di CFD Purworejo / Foto Bay
Ketua Bawaslu Kabupaten Purworejo Nur Kholiq, S.H, S.Th.I, M.Kn menyatakan tujuan dari kegiatan ini agar  masyarakat paham dengan adanya pelanggaran-pelanggaran yang ada. Jika menemukan pelanggaran tersebut bisa melaporkannya kepada pengawas desa maupun kecamatan.
 
"Jadi harus dipahami bahwa pengawasan ini tidak mungkin dilaksanakan oleh personil pengawas karena jumlahnya sangat terbatas. Apalagi kalau dibandingan potensi pelanggaran yang ada, maka kemudian perlu perlibatan masyarakat secara langsung untuk ikut aktif melakukan pengawasan. Karena sesungguhnya yang memungkinkan dan efektif itu adalah pengawasan langsung oleh masyarakat" Ujar Nur Kholiq.
Acara Sosialisasi / Foto Bay
Hadir dalam acara tersebut Panwascam Pituruh yakni Syukron Zahidi Arrahmi (ketua), Teguh Dwi Saryanto (Divisi SDM dan Organisasi) dan Jumadhi (Staf IT).
 
Syukron Zahidi Arrahmi yang ditemui crew pituruhnews.com menyampaikan harapannya, semoga dapat menggaktifkan masyarakat dalam berpartisipasi terhadap  pengawasan pemilu untuk menjaga Pituruh yang aman dan damai.
 
"Sosialisasi ini bertujuan untuk menangkal berita hoax dan gerakan tolak politik uang, sesuai dengan slogan bawaslu bersama rakyat awasi pemilu bersama bawaslu tegakkan keadilan pemilu" tutupnya.
Foto Bersama berbagai elemen masyarakat / foto bay
Adanya kegiatan ini bisa berdampak pelaksanaan pemilu yang lancar artinya terwujudnya pemilu berintegritas.
 
Penulis : Ltf -Bay 
Editor : Bay
×
Berita Terbaru Update