Notification

×

Iklan

Khotmil Qur'an dan Pawai Ta'aruf Lima Santri Mushola Al Amin Dukuh Keborangan Desa Girigondo

Monday, 4 March 2019 | 07:04 WIB Last Updated 2019-03-04T00:04:22Z
GIRIGONDO, (piturunews.com) - Dalam Rangka Rutinan Selapanan Ahad Pahing Ranting NU  Girigondo dengan disertai Peringatan Isro' Mi'roj Nabi Muhammad SAW Tahun 1440 H/2019 M, bertempat di Musholla Al Amin Dukuh Keborangan Desa Girigondo mengadakan Khotmil Qur'an dan Pawai Ta'aruf. Minggu, (03/03/2019).

Undangan terbuka untuk umum dari berbagai kalangan meliputi Kepala Desa beserta Perangkat, Masyarakat Sekitar, Tokoh Masyarakat, Jamaah NU, Muslimat, Fatayat, Ketua GP Ansor Kecamatan Pituruh, Banser dan karangtatuna, turut hadir anggota DPRD Kabupaten Purworejo Akhmad Ngafifurohman, S.Pd.I.
Selapanan Ahad Pahing merupakan agenda rutin Selapan Ranting NU Girigondo, sedangkan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW ini merupakan agenda tahunan yang dilakukan oleh Umat Islam. Isro' Mi'roj dimaknai perjalanan Nabi,  Isro' merupakan perjalanan Nabi Muhammad saw dari Masjidil Haram (Mekah) ke Masjid Al-Aqsa Aqsa (Yerusalem-Palestina/Israel), sedangkan Mi'roj naiknya Nabi menuju langit 7 atau ke Sidratul Muntaha pada malam 27 rajab, dengan tujuan menerima wahyu Allah SWT yaitu Shalat fardhu lima (5) waktu.

Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW diawali pawai ta'aruf menaiki kuda keliling desa, dengan jumlah 5 (lima) santri yaitu Muhammad Iqbal Fauzi bin Muhammad Mahmud, Mustahil bin Tulus Parimun, Qonita Nissan Khofiyya binti Mufid , Nurul Fatimah binti Muslihudin, Nihayatul Faizah binti Mukhalim.  Dengan diiringi oleh Grup Kencreng dan Drumband dari Mts Ma'arif NU Pituruh, setelah prosesi Pawai Ta'aruf selesai diilanjutkan Khotmil Qur'an.
Mauidhotul Hasanah oleh KH. Abdul Haq Assaubary dari Kalimiru, Bayan, Purworejo, serta diiringi Hadroh Nurul Mustofa dari Dukuh Keborangan Desa Girigondo. 
KH. Abdul Haq Assaubary dalam ceramahnya menyampaikan, dengan anak sering  membaca Al Quran bahkan sampai khatam quran bisa membawa rahmat, rezeki dan pintu amal kebaikan bagi kedua orang tua serta keluarga yang telah mendahului. 

"Isro' Mi'raj dalam bahasa Arab artinya perjalanan Nabi. Dan dengan adanya Nabi Muhammad Saw Isro' Mi'roj telah diperintah dan diturunkan allah atas perintah shalat kepada nabi untuk disampaikan untuk umatnya, maka perintah allah itu wajib, shalat merupakan tiang agama islam. Shalat wujud kita untuk bersyukur. Shalat menghindarkan kita dari kemungkaran dan perbuatan yang keji maka jangan sesekali kita melalaikan sholat karena shalat wajib hukumnya," Paparnya.

Selain itu ,kita tentu mengetahui bahwa amalan pertama yang akan ditanyakan kelak adalah amalan shalat. Semoga kita semua dengan memperingati Isro' Mi'roj kita lebih tekun beribadah terutama shalat fardhu 5 waktu.

Iklan

×
Berita Terbaru Update