Notification

×

Iklan

Pelaku UMKM Kemiri Bangkit, Ikuti Pelatihan Manajeman Keuangan

Sunday, 28 March 2021 | 20:29 WIB Last Updated 2021-03-28T13:29:38Z

KEMIRI, (pituruhnews.com) - Guna meningkatkan skill kemampuan di bidang manajemen keuangan Forum UMKM KEMBANG (Kemiri Bangkit) Kecamatan Kemiri menggelar Pelatihan Dasar Keuangan Untuk Pelaku UMKM. Hal ini dilakukan mengingat manajemen menjadi salah satu faktor penting dalam kegiatan usaha. 


Pelatihan ini dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Kemiri, pada Sabtu, 27/03/2021 dengan bekerjasama dengan Kamups STIR Rajawali Purworejo. Tujuan pelatihan ini guna 


Ketua Forum UMKM Kembang (Kemiri Bangkit) Kecamatan Kemiri Purworejo Heri Akhtifudin atau yang biasa dipanggil Aheng, menjelaskan pelatihan yang diberikan merupakan pelatihan manajemen keuangan yang menjadi dasar pengelolaan UMKM secara modern. Menurutnya pelatihan manajemen keuangan sangat dibutuhkan dalam dunia usaha UMKM agar bisa survive terutama ditengah pandemi. 

"Kami memberikan pemahaman bagi para pelaku UMKM di Kecamatan Kemiri akan pentingnya pencatatan keuangan demi keberlangsungan usahanya," katanya kepada pituruhnews.com saat dikonfirmasi pada Minggu (28/03/2021)


Pelatihan tersebut dilakukan beberapa waktu yang lalu di Pendopo Kecamatan Kemiri dengan bekerjasama dengan STIE Rajawali Purworejo salah satu kampus yang berbasis manajemen di Purworejo. Sedikitnya 40 insan penggiat UMKM hadir dalam kegiatan tersebut. 


"Manajemen merupakan suatu pondasi yang harus kita kuatkan agar bisnis UMKM maju, kalau manajemen sudah rusak maka UMKM tidak akan berkembang," katanya. 

Rusmiyati, SE, Dosen Prodi Akuntansi STIE Rajawali menjelaskan bagaimana pentingnya pelaku UMKM menghitung aset usaha, omset, profit dan HPP dari suatu produk. Tidak hanya materi Peserta di berikan kesempatan untuk praktek membuat laporan keuangan, dan mempresentasikannya.


"Yang perlu dicatat adalah pentingnya memisahkan keuangan pribadi dan keuangan usaha," katanya. 


Pihaknya juga menyampaikan bahwa tahun 2021 ini Bantuan presiden (banpres) BPUM akan ada lagi dengan kapasitas yang lebih banyak. Sasaran bantuan tersebut merupakan UMKM yang sedang berkembang di Purworejo. 


"Para peserta juga diberikan fasilitas foto produk secara gratis," tandasnya. (imam)

Iklan

×
Berita Terbaru Update