Notification

×

Iklan


Koramil/09 Pituruh Canangkan Dua Desa Sebagai Kampung Pancasila dan Pesantren Pancasila

Friday, 1 April 2022 | 11:55 WIB Last Updated 2022-04-01T05:49:12Z
MEGULUNGKIDUL, (pituruhnews.com) - Upaya terhadap cinta Pancasila, Koramil/09 Pituruh mencanangkan program Kampung Pancasila sesuai komando pusat, Jum'at pagi, 01/04/2022 pukul 08.35 WIB, menggelar Apel Pencanangan Kampung Pancasila di Desa Megulungkidul.

Apel Pencanangan Kampung Pancasila ini dipimpin langsung oleh Kepala Desa Megulungkidul Malik Khairul Anam, M.Pd. Acara ini dipelopori oleh Danramil/09 Pituruh Kapten Inf. Muktavin Soleh, S. Pd. I.  Peresmian ini ditandai pemukulan Gong.
Turut hadir dalam apel, Anggota Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Purworejo Luhur Tri Endro Sadewo, SP.MAP, Anggota DPRD Kabupaten Purworejo Akhmad Ngafiffurohman, S.Pd, Camat Pituruh Bangun Erlangga Ibrahim, SSTP.MM, Kapolsek Pituruh AKP Sapto Hadi, SPd. SH. MH, Kepala Desa Megulungkidul Malik Khairul Anam, M.Pd, serta beberapa elemen masyarakat baik dari Santri Pesantren Desa Blekatuk Pituruh, Ansor-Banser, Pemuda Pancasila, Karangtaruna, Siswa MA Ma'arif NU Pituruh, Veteran dan Lembaga Desa Megulungkidul juga organisasi masyarakat lainnya.

Danramil/09 Pituruh Kapten Inf. Muktavin Soleh mengatakan selamat kepada desa Megulungkidul yang dicanangkan sebagai Kampung Pancasila. 

"Yang mendasari dibentuknya kampung pancasila ini sesuai perintah komando atas, karena keprihatinan terhadap menurunnya jiwa pancasila, sudah mulai tergerus dan pudar nilai-nilainya, mungkin karena pengaruh ilmu teknologi dan media sosial, saya melihat menurunnya nilai pancasila bisa mengakibatkan memecah belah persaudaraan, membuat tidak rukun antar saudara. " ucapnya.
"Dengan adanya Pencanangan Kampung Pancasila ini nilai-nilai pancasila bisa tumbuh kembali dapat membumi, sehingga tercipta kerukunan persatuan Indonesia. Harapannya warga bisa hidup rukun, tentram dan damai. " imbuhnya.

Muktavin juga mengatakan bahwa pencanangan kampung pancasila ini tidak hanya desa Megulungkidul saja, namun di desa Blekatuk juga disalah satu pencanangan sebagai Pesantren Pancasila.

"Menindaklanjuti usai pencanangan kampung dan pesantren Pancasila juga ada program selanjutnya secara berkala, baik melalui online dan offline yang bisa disignifikan bisa dikoordinasikan dengan kegiatan yang ada di Desa.maupun kegiatan lainnya. Supaya tetap tumbuh jiwa nilai-nilai pancasilanya. " kata Muktavin.
Kepala Desa Megulungkidul Malik Khairul Anam menambahkan sangat berterimakasih kepada Koramil/09 Pituruh yang sudah memberikan kesempatan terhadap Desa Megulungkidul menjadi Kampung Pancasila.

"Alhamdulillah pada hari ini Desa Megulungkidul sudah diresmikan menjadi Pencanangan Kampung Pancasila. Melalui pencanangan ini kita harus tetap menjaga  warisan konsensus kepada para pendahulu kita dengan cara kita rawat, kita jaga dan di lestarikan dengan cara berpedoman dari nilai-nilai pancasila dan nantinya, saya bersama warga akan implementasikan program kampung pancasila ini sebagai tindaklanjut terhadap pencanangan Kampung Pancasila di Desa Megulungkidul. " ucapnya.

"Dengan hadirnya Kampung Pancasila di Desa Megulungkidul ini bisa membangun spirit kesatuan dan persatuan antar warga desa maupun dengan masyarakat lainnya. " imbuhnya.
Sementara itu, Ketua Pemuda Pancasila Pituruh, Slamet mengatakan sangat mengapreasiasi dengan adanya pencanangan Kampung Pancasila yang ada di Desa Megulungkidul ini. Melalui kegiatan ini akan menjadikan acuan masyarakat sebagai untuk memahami dan melaksanakan nilai-nilai yang ada di Pancasila.

"Saya sangat berterimakasih kepada semua jajaran forkompimca Pituruh yang sudah mengundang pemuda pancasila dan ormas lainnya untuk bisa bersinergi menciptakan wilayah kecamatan Pituruh dalam situasi aman nyaman. Kami juga akan selalu bersinergi TNI-Polri dan juga pemerintah dalam melaksanakan, mencanangkan nilai norma yang ada di Pancasila. Saya berharap sebagai masyarakat jangan sampai terprovokasi yang mengatasnamakan golongan atau apapun. " terangnya.

Pancanangan Kampung Pancasila ini terdapat dua tempat, yaitu Desa Blekatuk sebagai Pesantren Pancasila dan Megulungkidul sebagai Kampung Pancasila.
 
Kontributor : Tim Pituruh News

Iklan

×
Berita Terbaru Update