Notification

×

Iklan


Ketua KPU Purworejo Melantik 80 Anggota PPK di 16 Kecamatan

Kamis, 05 Januari 2023 | 07:23 WIB Last Updated 2023-01-05T00:37:09Z

PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Sebanyak 80 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 16 kecamatan di Kabupaten Purworejo dilantik oleh Ketua Komisi Pemilhan Umum (KPU) Purworejo Drs Dulrokhim di Gedung Ganesha Convention Hall Kabupaten Purworejo, Rabu (04/01/2023). 

Sebelumnya mereka telah dinyatakan lolos seleksi administrasi hingga tes wawancara, dan selanjutnya akan mengikuti  bimbingan teknis penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2024.


Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, Ketua DPRD Kabupaten Purworejo Dion Agasi Setiabudi SIKom MSi, Dandim 0708 Letkol Inf Yohanes Heru Wibowo, Kabag Ops Polres Purworejo Kompol Sutoyo SH MH, Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs Bambang Susilo, Ketua Bawaslu Kabupaten Purworejo Nurcholik SH STHI MKN, Kepala Perangkat Daerah, dan unsur terkait lainnya.

Dalam sambutannya Wabup menyampaikan selamat kepada seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dilantik. PPK dinilai memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam setiap pelaksanaan pesta demokrasi Pemilihan Umum.


“Satu hal yang paling penting adalah setiap tindakan seluruh penyelenggara Pemilu termasuk PPK harus senantiasa berpedoman pada aturan hukum yang berlaku, agar langkah dan tindakan kita dapat dipertanggung jawabkan,” tandasnya.


Selanjutnya Wabup menekankan kembali pentingnya netralitas seluruh penyelenggara Pemilu, sebagai salah satu kata kunci yang harus ditegakkan. Karena merupakan modal yang sangat penting dan berharga dalam mengawal tegaknya demokrasi sebagai amanat Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila.


“Saya berharap kepada anggota PPK yang dilantik, untuk segera melakukan koordinasi baik secara vertikal maupun horizontal, agar tahapan-tahapan yang telah direncanakan dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024 di Kabupaten Purworejo dapat terlaksana dengan baik,” harapnya.

Sementara Dulrokhim menambahkan, pada pemilu tahun 2024 sudah memasuki tahapan pemilu yang ke lima yaitu penataan dapil dan alokasi kursi. Pelantikan PPK ini bertujuan untuk meringkan beban tugas dalam pelaksanaan pemilu.


“Dalam pelaksaan pemilu, jajaran KPU baik tingkat Kabupaten, PPK, PPPS, KPPS tentulah tidak bisa melaksanakan  tugas seberat itu tanpa bantuan dari pihak yang lain. Untuk itu dalam kesempatan yang berbahagia ini kami sangat mengharapkan bantuan, partisipasi dan dukungan dari Pemkab Purworejo, TNI, Polri, Kades, Pengawas PPS dan stakeholder lainnya,” imbuhnya. (prokopim)

Iklan

×
Berita Terbaru Update