Notification

×

Iklan


Konsep Statistika Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Senin, 04 Desember 2023 | 11:33 WIB Last Updated 2023-12-04T04:35:44Z
Matematika merupakan ilmu  yang mempelajari struktur, ruang, jumlah, dan pola yang meliputi konsep-konsep yang salah satunya adalah statistika. Menurut M.J. Moroney, Statistika adalah metode ilmiah untuk penanganan data dan untuk membuat keputusan berdasarkan data. Sedangkan, menurut Ronald A. Fisher, Statistika dapat dianggap sebagai ilmu penarikan kesimpulan dari pengamatan data dengan bantuan teori probabilitas. Secara umum, Statistika merupakan cabang ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan  tahapan pengumpulan data, analisis, interpretasi, dan presentasi data. 

Tahap pertama dalam statistika yaitu pengumpulan data, yang mencakup pengumpulan informasi dari berbagai sumber. Tahap kedua yaitu Analisis data, yang melibatkan penggunaan berbagai metode statistik. Tahapan ketiga interpretasi data yaitu, proses menjelaskan atau memberikan makna kepada informasi yang diperoleh dari analisis data. Tahapan yang terakhir yaitu, presentasi data yaitu, di mana hasil analisis disajikan secara visual atau dalam bentuk laporan untuk memudahkan pemahaman oleh orang lain. Statistika bukan hanya alat untuk ilmu pengetahuan dan penelitian, namun juga memiliki peran penting di berbagai bidang.

Dalam bidang pendidikan statistika memiliki peranan yang sangat penting. Statistika berperan mengevaluasi efektivitas pembelajaran, Pengembangan Kurikulum, pengambilan keputusan administratif, membantu mengukur kinerja siswa, serta merancang strategi pembelajaran yang lebih baik dari sebelumnya. Dalam bidang bisnis dan pemasaran, statistika juga memiliki peranan sebagai analisis pasar, pengambilan keputusan pemasaran dan strategi promosi, serta  sebagai pengelolaan persediaan Dalam bidang kesehatan. Statistika digunakan untuk menganalisis penyakit,   menganalisis data pasien, membuat keputusan kebijakan kesehatan masyarakat, serta mengevaluasi efektivitas program-program kesehatan.  Peran statistika dalam berbagai bidang tersebut dapat diterapkan dalam  kehidupan sehari – hari. 

Dalam dunia pendidikan kita dapat menerapkan  statistika dengan cara menganalisis hasil ujian siswa dan analisis data partisipasi siswa dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler.  Kemudian, dalam dunia bisnis dan pemasaran kita bisa menerapkannya  dengan melalui survei dan analisis dan metode  statistik. Tentunya peranan statistika dalam berbagai bidang  jika diimplementasikan dalam kehidupan sehari hari dapat membawa dampak positif serta manfaat yang besar. 

Penerapan statistika walaupun memiliki manfaat besar, juga dihadapkan dengan   tantangan. Tantangan utamanya yaitu interpretasi  tepat terhadap data, kesalahan interpretasi dapat menyebabkan kesimpulan dan pengambilan keputusan yang tidak tepat. Selain itu, pengumpulan data yang berkualitas menjadi tantangan tersendiri, kesalahan pengukuran, dapat menghasilkan hasil statistik yang tidak akurat. Oleh karena itu, kesadaran dan upaya mengatasi tantangan tersebut, merupakan kunci untuk memastikan statistika diimplementaskan dengan benar dan memberikan manfaat maksimal dalam kehidupan sehari-hari.

Implementasi untuk menangani tantangan akan menimbulkan dampak negatif, ketika kita tidak menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut, berpotensi menghambat proses pengambilan keputusan dan perencanaan. Tanpa adanya statistika, masyarakat akan kesulitan dalam pengambilan keputusan karena tidak adanya analisis  data yang kuat. Pengambilan keputusan yang tidak didasarkan pada data.   Selain itu, statistika, kemungkinan   akan sulit mengukur kinerja dan hasil dari berbagai program, menyulitkan evaluasi dan peningkatan. 

Dengan tidak adanya statistik dalam kehidupan sehari - hari risiko pengambilan keputusan yang tidak tepat atau bahkan merugikan dapat meningkat, menghambat potensi pengembangan dan kemajuan masyarakat. Oleh karena itu, penerapan statistika yang tepat dalam kehidupan sehari-hari memegang peranan penting untuk menginformasikan dan meningkatkan kualitas kehidupan.

Oleh : 
Putri Jasmin Salsabila
Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Matematika Untidar

Editor :
Ahmad Luthfi Khakim

Iklan

×
Berita Terbaru Update