Notification

×

Iklan


Buka Pasar Tani, Bupati Minta Perkuat Sinergitas Sektor Pertanian

Rabu, 28 Februari 2024 | 09:11 WIB Last Updated 2024-03-02T02:15:42Z

PURWOREJO, (pituruhnews.com)  - Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH membuka Pasar Tani yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Purworejo, di halaman Kantor DKPP, Selasa (27/02/2024). Dalam kegiatan yang menjadi rangkaian Hari Jadi Kabupaten Purworejo itu, Bupati beserta rombongan meninjau dan membeli produk olahan pertanian.

Dalam sambutannya Bupati mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi kegiatan pasar tani. Menurutnya pemerintah daerah dan petani terus memperkuat sinergitas untuk peningkatan kualitas dan kuantitas produksi pertanian, agar sektor pertanian menjadi kuat dan tangguh.


"Pasar tani bukan sekadar untuk bertransaksi, tetapi menjadi pusat aktivitas ekonomi dan sosial. Melalui pasar tani ini, kita dapat memperkuat rantai pasok lokal, memberdayakan petani-petani dan memudahkan akses masyarakat membeli produk pertanian berkualitas," katanya. 


Bupati menekankan pentingnya keberlanjutan dalam praktik pertanian. Perlu untuk mengadopsi praktik pertanian yang ramah lingkungan, berkelanjutan, dan inovatif agar dapat menjaga kelestarian sumber daya alam serta meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian.


 Ia berharap dengan adanya event pasar tani, dapat menjadi opsi pada jalur pemasaran produk pertanian lebih ringkas. "Sehingga secara langsung maupun tidak langsung akan membangun dan  menggerakkan ekonomi masyarakat, khususnya bagi petani," pungkasnya. 


Kepala DKPP Hadi Sadsila SP dalam laporannya mengatakan kegiatan pasar tani telah menjadi agenda tahunan, selain juga untuk menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Purworejo. Ia mengungkapkan bahwa kegiatan ini salah satu tujuannya adalah untuk mewadahi petani dalam memasarkan produk pertaniannya. 


"Dari sekian banyak stan, yang paling ramai dikunjungi oleh masyarakat adalah stan beras murah, karena beras yang kami jual 5 kg dapat dibeli dengan harga Rp 55.000,." jelasnya. 


Turut hadir dalam acara tersebut Pj Sekda Kabupaten Purworejo Drs Achmad Kurniawan Kadir MPA, Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs Bambang Susilo, Asisten Administrasi Umum drg Nancy Megawati Hadisusilo MM, Kepala DKPP Hadi Sadsila SP MM, Kepala Dinkukmp Gatot Suprapto SH dan Kabag Prokopim Ulik Sri Widiatmi SSos MAP.


Iklan

×
Berita Terbaru Update