Notification

×

Iklan


Keren !!! Ajarkan Enterprneur ke Siswa, SMK ii Kutoarjo Buka Unit Produksi Lampu LED

Jumat, 22 Maret 2024 | 09:00 WIB Last Updated 2024-03-22T02:00:00Z

KUTOARJO, (pituruhnews.com) - Setelah setelah berhasil membuat mobil listrik, robotika dan listrik tenaga matahari kini SMK ii membuat inovasi baru yaitu memprod2uksi lampu LED (Light Emiting Diode). Produk yang kini telah menjadi kebutuhan rumah tangga inti dikekerjakan oleh para siswa baik dari men-solder komponen lampu, merakit hingga men – design kardus kemasan.


Kepala SMK ii Kutoarjo, Shinta Kusumastuti, ST., M.Pd., menjelaskan bahwa pendidikan SMK tidak boleh hanya menjejali siswanya dengan teori-teori atau rutinitas praktik yang biasa, tapi harus mengajak siswanya memenuhi kebutuhan riel yang dibutuhkan masyarakat. Shinta juga menambahkan bahwa pihaknya tidak ingin terjebak gengsi mengejar inovasi teknonolgi tinggi.

“Sekarang kami akan mendorong siswa kami untuk mengeplorasi teknologi-teknologi murah yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat, seperti bola lampu listrik yang telah menjadi kebutuhan dasar setiap rumah tangga. Jangan sampai siswa hanya dibawa ke teknologi-teknologi tinggi yang setelah lulus tidak bisa mereka buat atau dipraktekan secara mandiri ditengah masyarakat karena harus bergantung pada pemodal besar.” ungkapnya di sela-sela kegiatan pemeilihan ketua OSIS itu.


Dengan unit produksi lampu LED ini, Shinta ingin melatih siswanya untuk berwira usaha atau ikut andil dalam menjawab salah satu kebutuhan masyarakat dibidang teknologi.

Sementara itu koordinator Unit Produksi Lampu LED, Slamet Haryadi, SE., menjelaskan bahwa dalam pembuatan lampu LED ini sepenuhnya dilakukan oleh siswa sedangkan peran sekolah menyediakan komponen-komponen lampu, seperti; chip, pin, casing, sirkuit driver, lensa, dan PCB.  


“Komponen-komponen tersebut bisa dibeli dengan mudah baik di toko elektronik maupun online dengan harga yang relatif murah.” katanya.


Slamet menambahkan bahwa dibanding jenis lampu lain, untuk penerangan rumah lampu Led memiliki beberapa kelebihan diantaranya; konsumsi daya listrik rendah namun menghasilkan pencahayaan yang lebih terang, umur lampu lebih panjang bisa bertahan hingga 25.000 jam, tidak mengandung merkuri serta tahan getaran.

Khoirudin, salah satu siswa yang merakit lampu LED mengatakan bahwa dirinya sangat senang bisa terlibat dalam proses produksi tersebut.


“Ternyata membuat lampu LED itu mudah. Bahkan saya tidak hanya bisa membuat lampu tapi tapi bisa memperbaiki lampu LED yang sudah mati. Bahkan saya dan teman-teman bersaing berburu lampu mati untuk diperbaiki,” Kelakar khoirudin yang juga aktif di ekskul volly accademy SMK ii itu. (Humas/SMKIIKTA)

Iklan

×
Berita Terbaru Update