Notification

×

Iklan


Haul KH. Nur Muhammad, Jamaah Membludak

Minggu, 15 Oktober 2017 | 14:29 WIB Last Updated 2017-10-15T07:29:57Z


Girigondo - Hari Ini, Minggu (15/10/17), peringatan Haul KH. Nur Muhammad Tahun 1439 H/2017 M diselenggarakan di Masjid Alang-Alang Amba Dukuh Pesantren. Turut mengundang KH. M. Sowan dari Magelang sebagai penceramah. Undangan/jamaah terbuka untuk umum dari berbagai kalangan meliputi tokoh masyarakat setempat, Jamaah NU, Muslimat, Fatayat, Ansor, serta Banser tersebar mencakup Purworejo, Kebumen, Bruno, dan warga Desa Girigondo pada khususnya.

Sedikit sejarah mengenai KH. Nur Muhammad. Sesuai informasi dari Pengasuh Masjid Alang-Alang Amba, KH. Asnawi Muttaqin, beliau (KH. Nur Muhammad) termasuk ulama terkemuka yang mempunyai peranan penting dalam penyebaran islam khususnya di kedu bagian selatan. Salah satu cucu beliau termasuk pencetus berdirinya pengadilan agama di Kabupaten Purworejo. Secara lengkap dan rinci masih memang harus diperdalam kembali sebagai tugas kita bersama.

Menurut pantauan kami, jamaah yang hadir 'membludak' hingga ke jalan melebihi tempat yang telah disiapkan. Sejak pagi sekitar pukul 06.30 WIB jamaah sudah berbondong-bondong datang ke lokasi. Meskipun jamaah banyak, namun masih bisa dikondisikan berkat kerjasama dan kerja keras oleh semua pihak. Salah satunya para anggota banser yang ikut serta dalam membantu keamanan dan ketertiban selama acara berlangsung.

Peringatan haul juga dibarengi Khotmil Qur'an (khataman) yang diikuti oleh 4 peserta. Sebelum acara dimulai, peserta khataman diarak menelusuri jalanan kampung dengan diiringi tabuhan kencreng oleh beberapa grup kencreng Desa Girigondo dan Megulung Lor.

Acara dimulai dengan pembacaan surat pendek (Al-Qur'an) oleh peserta khataman, sambutan-sambutan, pembacaan Tilawatil Qur'an diakhiri acara inti yaitu pengajian oleh KH. M. Sowan. 

Salah satu sambutan dari ketua panitia KH. Asnawi Muttaqin, menyampaikan permintaan maaf jika panitia tidak dapat menyambut jamaah dengan sempurna, baik tempat, hidangan, maupun keramahan, namun kami sudah berusaha semaksimal mungkin dalam mempersiapkan acara dengan sebaik-baiknya.

Disela-sela acara, kami meminta keterangan dari salah satu panitia, M. Fadil. Dia menjelaskan bahwa untuk meringankan kerja panitia, acara dibantu oleh berbagai pihak. "Alhamdulillah acara berjalan dengan baik dan lancar. Terima kasih atas bantuan serta partisipasinya kepada pemuda-pemudi, karang taruna, banser, dan semua pihak yang telah membantu panitia. Semoga acara tahunan ini menjadi berkah dan bermanfaat serta kedepannya dapat terulang kembali", terang M. Fadil.

Sumber : Sorot Girigondo

Iklan

×
Berita Terbaru Update