Notification

×

Iklan

TNI Dukung Bawaslu Awasi Pilkada 2020 Dandim Pastikan TNI Netral

Sabtu, 22 Februari 2020 | 18:30 WIB Last Updated 2020-02-22T11:30:08Z
PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0708 Purworejo mendukung Bawaslu Purworejo dengan bersinergi bersama mengawal tahapan Pilkada tahun 2020. Sinergitas itu dilaksanakan hingga jajaran tingkat desa dengan memetakan potensi pelanggaran terutama politik uang.

Hal itu disampaikan Komandan Kodim Letkol INF Muchlis Gasim S.H., M.Si pada sosialisasi persiapan di Gedung Sudirman Kodim 0708 Purworejo. Sosialisasi diikuti oleh 110 anggota TNI dan 16 Komando Rayon Militer (Koramil) di 16 kecamatan Se Kabupaten Purworejo.
foto bersama
M Gasim menyatakan TNI netral pada Pilkada tahun 2020 ini dan menjaga keamanan sampai tingkat desa."Netralitas TNI pada Pilkada merupakan harga mati seperti halnya menjaga NKRI," kata Gasim dihadapan anggota TNI dan Koramil pada Jumat (21/2).

Koordinator Divisi Pengawasan Anik Ratnawati, SPd mengatakan Bawaslu juga akan bersinergi dengan TNI hingga semua level. "Sinergitas Bawaslu  bertujuan untuk mengantisipasi berbagai jenis pelanggaran," katanya.

Ketika memberikan materi Anik mengatakan jajaran Koramil dapat bekerjasama dengan Panwaslu Kecamatan untuk mengawasi tahapan Pilkada. "Potensi pelanggaran pasti terjadi sehingga perlu antisipati bersama," katanya.

Beberapa potensi pelanggaran antara lain politik uang. Pada pemilu kemarin, jelas Anik terjadi politik uang maka pada Pilkada tahun ini perlu diantisipasi.
penyampaian anik
Dalam waktu dekat kata Anik, sinergitas dan koordinasi yang akan dilakukan yakni persiapan pengawasan verifikasi faktual dukungan calon perseorangan dan pemutakhiran data pemilih.

Kepada anggota TNI, Anik berpesan untuk mencermati daftar nama mereka apakah tercantum disyarat dukungan bakal calon perseorangan atau tidak. "Hal itu juga menjadi bagian dari netralitas TNI dalam mendukung PIlkada tahun 2020," kata Anik.

Ketua Bawaslu Purworejo Nur Kholiq SH SThI MKn, menyampaikan terimakasih kepada Kodim 0708 atas sinergitas yang telah terjalin selama Pemilu 2019. "Harapannya pada Pilkada tahun 2020 ini dapat ditingkat bersama untuk mewujudakan hasil pemilihan yang berintegritas dan bermartabat," kata Kholiq. (hms)

Iklan

×
Berita Terbaru Update