Notification

×

Iklan

Mahasiswa KKN Kelompok 26 UMP Menggelar Sosialisasi Untuk Pelaku UMKM di Desa Bayan

Sabtu, 14 Januari 2023 | 11:02 WIB Last Updated 2023-01-14T04:41:23Z

 
BAYAN, (pituruhnews.com) - Upaya meningkatkan empati, kepedulian mahasiswa dan menerapkan IPTEKS secara team work dan interdispliner. Universitas Muhammadiyah Purworejo menggelar Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2023 di berbagai wilayah di kabupaten Purworejo selama satu bulan.


Sama dengan halnya, Mahasiswa KKN Kelompok 26 Universitas Muhammadiyah Purworejo di Desa Bayan, Kecamatan Bayan melaksanakan program bersama pemerintah setempat dengan kegiatan sosiaslisasi kepada pelaku UMKM yang ada di Desa Bayan, bertempat di Aula Balai Desa Bayan, Jumat, 13/01/2023. Sosialisasi ini diikuti sedikitnya 35 pelaku umkm, serta dihadiri oleh Kepala Desa Bayan Arwan Setiyanto, Amd, Dosen Pembimbing Dr. Umi Faizah, M.Pd, Narassumber Dedi Runanto, S.E., M.Si. Dosen Fakultas Ekonomi UMP sekaligus Anggota Forum UMKM Kabupaten Sebagai Koordinator Bidang Kelembagaan. 

Dikatakan, Dosen Pembimbing Umi Faizah salah satu program Mahasiswa KKN Kelompok 26 Universitas Muhammadiyah Purworejo dengan memberikan pembekalan dan pengembangan UMKM di Desa Bayan. 


"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran dari usaha mikro di Desa Bayan, utamanya masyarakat bayan agar memiliki branding yang baik terhadap produk yang mereka jual." katanya.


"Melihat potensi umkm yang ada di desa Bayan layak jual, namun mereka belum mempunyai branding yang baik, sehingga mereka perlu diberikan teori, pengarahan  dan penyuluhan. Dengan adanya Mahasiswa KKN Kelompok 26 Universitas Muhammadiyah Purworejo semoga para pelaku umkm bisa membranding produknya, dan pemasaranya maksimal yang nantinya menjadi hasil produk yang berkualitas. " ucapnya.


"Melalui kegiatan ini diharapkan nantinya akan muncul umkm yang mampu membranding produknya dengan baik, dan dikenal oleh masyarakat dan bisa meningkatkan income yang banyak. " imbuhnya.
Kepala Desa Bayan Arwan Setiyanto juga mengatakan menyambut baik dengan adanya program dari Mahasiswa KKN Kelompok 26 Universitas Muhammadiyah Purworejo ini. Dengan adanya kegiatan ini nantinya warga bisa membranding produk umkm-nya. Serta diharapkan kedepan setalah ini para pelaku umkm di Desa Bayan ini bisa lebih meningkatkan penjualannya, bermanfaat untuk warga dan menambah penghasilan.


"Yang datang pada sosialisasi ini kebanyak praktisi pengusaha jadi malah lebih berat untuk meluangkan waktunya pada saat produksi. Tapi ini tidak masalah, saya juga mengapresiasi program dari Mahasiswa KKN Kelompok 26, karena ini sangat membantu jadi kegiatan di warga desa Bayan ini lebih hidup." katanya.


"Potensi yang ada di Desa Bayan ini lebih banyak pertanian dimusim sekarang, ini mungkin lebih banyak dibutuhkan untuk UMKM untuk eksistensi di era digital. Dan ini juga bisa membuka lapangan pekerjaan tanpa harus merantau, dengan harapan UMKM bisa lebih tumbuh dan berkembang."imbuhnya.
Hal sama dikatakan, Dedi Runanto bahwa ini sangat bagus dan ini merupakan sebagai bentuk wujud sinergitas Mahasiswa KKN Kelompok 26 Universitas Muhammadiyah Purworejo dengan pemerintah desa dan warga setempat dalam mengembangkan umkm yang ada di Desa Bayan.


"Desa Bayan ini sudah banyak produk UMKM-nya, namun belum ada merknya, dan nama produknya dan masih manual, dengan adanya program mahasiswa ini bisa memberikan stimulus terkait dengan materi yang disampaikan oleh narsumber, diharapkan setelah ini mahasiswa juga mendamping dalam pembuatan merk misal stiker, logo dan pelatihan branding digital marketing di marketplace seperti tokopedia, shoppe dan lazada." kata Dedi.


"Tidak hanya sekedar ikut pelatihan saja, namun masyarakat juga nantinya bisa merasakan dampak secara langsung dengan memiliki merk sendiri. Kami selaku dosen pembimbing berharap memang mahasisa bisa belajar di masyarakat bagaimana kemudian melihat realita bahwa namanya bisnis itu tidak seperti yang ada diteori saja. Dengan ini bisa dialokasikan untuk pengembangan sektor UMKM di Desa dan bisa berkembang maju dan pasar lebih luas." ucapnya.
Sementara itu, Ketua Mahasiswa KKN Kelompok 26 Universitas Muhammadiyah Purworejo Mukhammad Yazid Fatoni mengatakan dengan adanya sosialisasi UMKM terkait branding produk.


"Saya berharap para pelaku UMKM yang ada di desa Bayan dapat mengembangkan usahanya untuk bisa masuk di pasaran nasional atau bahkan expor.dan kami mahasiswa KKN juga tentunya siap memfasilitasi para pelaku UMKM yang ada terkait design produk,label dll.yang pasti kami berharap dengan kehadiran kami KKN di desa bayan dapat membawa dampak positif untuk para pelaku UMKM di desa Bayan. " ucapnya.


"Saya sangat mengapresiasi kepada Mahasiswa KKN Kelompok 26 Universitas Muhammadiyah Purworejo karena ini sangat membantu dalam proses pemasaran, baik dari branding maupun marketing secara digitall, dengan harapan bisnis yang saya jalani bisa bertumbuh kembang dan bisa maju kedepanya." tutup Riska Irfandita.

Mahasiswa KKN Kelompok 26 Universitas Muhammadiyah : 

1. Siwi Lestari_Manajemen
2. Shirley Zahra Zeta_PGSD
3. Umul Latifah_Manajemen
4. Muhimatun Nisa_Manajemen
5. Marafi Sarifah Haini _Pend. Matematika
6. Renita Dhian Astuty_Manajemen
7. Mukhammad yazid fatoni_Pend. Matematika 
8. Agus Krismawam_Manajemen
9. Muhammmad Rizqi Henson Saputra_ Manajemen
10. Iman Hidayat Tulloh_P.Matematika

Kontributor : Tomi/Risky
Editor : Luthfi

Iklan

×
Berita Terbaru Update