Notification

×

Iklan

Adakan Karang Pamitran 2023, Kwarran Pituruh Dorong Pembina Semakin Aktif, Kreatif dan Inovatif

Kamis, 09 November 2023 | 10:47 WIB Last Updated 2023-11-09T03:47:29Z
PITURUH, (pituruhnews.com) - Karang Pamitran Tingkat Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Pituruh Tahun 2023 yang mengusung tema Melatih Ketrampilan dan Siaga untuk Membangun Pramuka yang Berkarakter Bangsa itu digelar pada hari Kamis tanggal 9 November 2023 di Aula SMPN 2 Purworejo. Karang Pamitran  Tingkat Ranting (KPR) Tahun 2023 dibuka langsung oleh Anggota Mabiran Kak Teddy. 

Maino selaku Waka Kwarran Pituruh demikian sapaan akrabnya memberikan pesan kepada para peserta untuk selalu aktif menambah kemampuan sebagai pembina dengan cara saling berbagi ilmu sesama pembina.

"Salah satunya dengan mengikuti karang pamitran. Kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan dalam membina, kreatifitas dalam melaksanakan pembinaan kepada para peserta didik, dan selalu berinovasi supaya peserta didik tidak bosan dan selalu semangat dalam mengikuti kegiatan latihan rutin di gugus depan" paparnya
Setelah acara pembukaan peserta mengikuti penyampaian materi dasar-dasar Kepramukaan, praktik latihan upacara pembukaan dan penutup siaga. Selanjutnya praktik tali temali dan seragam pramuka siaga. 

Setelah disepakati tiap kelompok, maka dilanjutkan dengan praktik yel-yel yang diperagakan untuk peserta kelompok lain. Sehingga semua peserta mendapat yel-yel baru, baik dari kelompoknya sendiri maupun dari kelompok lainnya.

Sebelum penutupan, dilaksanakan open forum. Dimana para peserta diberikan kesempatan untuk menyampaikan apa saja berkenaan dengan pelaksanaan KPR 2023. Selain itu juga diberikan kesempatan untuk berbagi praktik baik pelaksanaan Pramuka di Sekolah. Adapun beberapa saran yang diberikan oleh peserta adalah pelaksanaan KPR lebih diperpanjang waktunya dan materi-materi berbagi antar pembina lebih banyak lagi yang ditularkan. Dan akhirnya kegiatan KPR 2023 ditutup secara resmi  Waka Kwarran Pituruh.

Kontributor : Syukron Z

Iklan

×
Berita Terbaru Update